Terbaru! Cara Cek Jadwal Imsak & Subuh di Jakarta & Sekitarnya

SHARE  

Pengamatan hilal untuk menentukan 1 Ramadhan (AP/Achmad Ibrahim) Foto: Pengamatan hilal untuk menentukan 1 Ramadhan (AP/Achmad Ibrahim)

Jakarta, CNBC Indonesia – 1 Ramadan 1445 Hijriah yang merupakan awal dari umat muslim di Indonesia melaksanakan ibadah puasa jatuh pada 12 Maret 2024.

Hal ini diumumkan Kementerian Agama melalui sidang isbat yang berlangsung pada Minggu (10/3/2024).

Berdasarkan pemantauan bulan atau hilal di 134 titik di Indonesia, ketinggian hilal di seluruh Indonesia belum memenuhi syarat untuk menjadi bulan baru, karena baru mencapai minus 0 derajat 20,2 menit sampai dengan 0 derajat 52,09 menit.

“Sidang isbat secara mufakat menetapkan 1 Ramadhan 1445 Hijriah jatuh pada Selasa 12 Maret,” kata Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas dalam Konferensi Pers.

Baca: Hasil Sidang Isbat: 1 Ramadan 1445 Jatuh Selasa 12 Maret 2024

Kemenag menyajikan jadwal imsakiyah berdasarkan wilayah. Imsakiyah bisa diakses pada link https://bimasislam.kemenag.go.id/jadwalimsakiyah . Di dalamnya tersedia wilayah provinsi dan kabupaten/kota. Bagi yang berada di wilayah Jakarta dan sekitarnya silakan memilih lokasi dalam situs tersebut.

Meski demikian, sebagian umat muslim menjalankan ibadah puasa pada Senin, 11 Maret 2024. Salah satunya kelompok Muhammadiyah yang ditetapkan berdasarkan metode hisab hakiki wujudul hilal yang dilaksanakan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP https://kamusgakjelas.com/Muhammadiyah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*