Reaksi Pemerintah Amerika (AS) Atas Hasil Pemilu RI, Beri Pesan Kepada Prabowo-Gibran?

Bendera Amerika Serikat/WallpaperCave

Disebut juga bahwa Indonesia adalah mitra dekat Amerika Serikat (AS) berdasarkan prinsip-prinsip Kemitraan Strategis Komprehensif (CSP).

Pemerintah Amerika Serikat (AS) memberikan ucapan selamat bagi Indonesia yang telah menyelesaikan pemilihan umum (Pemilu) 2024. Negara yang dipimpin oleh Joe Biden itu juga menyampaikan harapan bagi presiden berikutnya. Seperti diketahui, berdasarkan hasil final sejumlah lembaga survei, Calon Presiden Prabowo – Gibran kemungkinan besar akan memimpin Indonesia 5 tahun ke depan.  Juru Bicara Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Matthew Miller mengucapkan selamat bagi masyarakat Indonesia atas partisipasinya yang tinggi.  “Pemungutan suara ini merupakan bukti ketangguhan dan kekuatan komitmen masyarakat Indonesia terhadap proses demokrasi serta lembaga-lembaga pemilihan umum,” jelas Miller, dalam pernyataan persnya pada Kamis (15/2/2024)  Miller menuturkan bahwa AS menantikan pengumuman Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengenai hasil resmi pemilu. Ia juga menyampaikan mengenai perayaan 75 tahun hubungan diplomatik AS-Indonesia. Pihaknya berharap dapat bekerja sama dengan Presiden terpilih dan pemerintah Indonesia berikutnya, beserta dengan lembaga-lembaga legislatif untuk mewujudkan prioritas bersama. 

Adapun, prioritas tersebut adalah memberikan manfaat bagi masyarakat kedua negara, termasuk mengenai  perubahan iklim, memastikan kawasan Indo-Pasifik yang makmur dan aman, dan menjaga stabilitas internasional. Disebut juga bahwa Indonesia adalah mitra dekat dari Paman Sam, yang dipandu dengan prinsip-prinsip Kemitraan Strategis Komprehensif (CSP).

Bersama dengan pemerintahan baru di Indonesia, ia mengatakan bahwa AS dan Indonesia akan bekerja untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik bagi kedua warga negara dan mengatasi tantangan yang paling mendesak di abad ke-21. Sebagai catatan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 13 November 2023 melakukan kunjungan ke Gedung Putih untuk bertemu dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. Adapun, kunjungan tersebut menghasilkan Kemitraan Strategis Komprehensif (CSP). Kemudian, akhir-akhir ini, diketahui bahwa Wakil Kepala Misi AS https://menghadapimu.com/di Indonesia Jason P. Rebholz dalam kunjungannya ke Indonesia menuturkan bahwa lebih dari 100 perusahaan menunjukan minat pada infrastruktur energi bersih senilai lebih dari US$100 miliar atau sekitar Rp1.500 triliun. Hal tersebut dikatakan di tengah pembahasan mengenai kemajuan Just Energy Transition Partnership (JETP).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*