Tiba-Tiba Muncul Wacana Koalisi Anies-Ganjar, PKS Buka Suara

Pasangan calon (paslon) nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Cak Imin serta paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD diisukan bakal berkoalisi di putaran kedua. Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu pun angkat bicara mengenai wacana tersebut.

Ia menyatakan pihaknya terbuka dengan segala kalangan.

“Insyaallah saya terbuka pada semua kalangan karena kita nggak tahu apakah kita masuk, mudah-mudahan itu harapannya. Tapi nanti dengan siapanya kita gak tahu juga,” kata Syaikhu di Jombang, Jawa Timur, seperti dikutip dari detikNews pada Sabtu (13/1/2024).

“Oleh karena itu semua komunikasi ini mesti terbangun dengan baik. Sehingga jangan jadikan Pilpres menjadi sarana untuk saling bermusuhan satu sama lain,” tambahnya.

Ganjar dan Anies saat debat Capres (Tangkapan layar)

Terkait kabar kedekatan kubu paslon nomor urut 1 dan 3, Syaikhu juga menuturkan hal tersebut adalah fenomena biasa dalam politik. Menurutnya, kontestasi harus dibangun dengan suasana yang penuh komunikasi

“Sehingga jangan jealous, jangan kemudian menjadi kaku dan kemudian malah jadi seolah-olah jadi permusuhan abadi,” imbuhnya.

Syaikhu pun menilai seseorang perlu memiliki kedewasaan saat berpolitik. Dia lantas berbicara mengenai sikap seorang negarawan yang tak pernah mempermasalahkan hal kecil.

“Saya kira dalam perpolitikan menurut saya hal-hal seperti ini perlu ditunjukkan dengan kedewasaan. Dan ini saya kira bentuk kenegarawanan seseorang sehingga tidak pernah mempermasalahkan hal-hal kecil kemudian mencuat jadi seolah olah ‘wah ini peran saya apa segala macam’,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*